Galaksi Kinanthi

Aku sudah lama tidak membaca buku, dan mengawali tahun yang baru aku berjalan-jalan ke gramedia untuk melihat-lihat buku.
Berkeliling di rak-rak buku baru, pindah ke rak-rak novel terjemahan, hingga sampai ke rak-rak novel tulisan anak negeri.

Tiba-tiba saja aku tertarik pada buku di baris ketiga pojok sebelah kiri, covernya sangat elegan, lalu membaca nama penulisnya, *waduh gak kenal*.

Mengeja judulnya, menarik, lalu membaca endorsement di bagian bawah, semakin penasaran karena yang nulis adalah Dee. Pindah ke belakang untuk melihat harga *mulai mikir-mikir, masih pakai hitungan anak kos* :D.
Membaca kutipan novelnya *cerita cinta-cintaan*, lalu membaca endorsement dibelakang *Ahmad Tohari, Helvy Tiana Rosa sampe Gola Gong, semakin menarik*.

Aku mengambil buku yang terbuka *terimakasih buat gramedia yang begitu pengertian kepada pembaca, hingga selalu menyediakan satu buku tester*, membuka halaman pertama, endorsement lagi dan semuanya begitu memuji buku ini.

Kulewati halaman itu menuju daftar isi dan aku langsung bengong, sangat keren, kata-kata yang tidak biasa. Virgo (Sang Perawan), Cancer (Kepiting), Leo (Singa), Lyra (Dawai), Crux (Layang-layang), Sagitta (Panah), Vulpecula (Musang), Pavo (Merak), Orion (Pemburu), Pegasus (Kuda Terbang), Cepheus (Raja), Cassiopeia (Ratu), Bootes (Penggembala), Vela (Layar), Ara (Altar), Perseus (Pahlawan), dan Paus saja mampir ke Gunung Kidul.Sangat menarik.

Membuka Bab pertama yang berjudul Virgo (Sang Perawan), aku langsung disuguhi tulisan ini

Begini cara kerja sesuatu yang engkau sebut cinta..
Engkau bertemu seseorang lalu perlahan-lahan merasa nyaman berada di sekitarnya. Jika dia dekat, engkau akan merasa utuh dan terbelah ketika dia menjauh. Keindahan adalah ketika engkau merasa ia memperhatikanmu tanpa engkau tahu. Sewaktu kemenyerahan itu meringkusmu, mendengar namanya disebut pun menggigilkan akalmu. Engkau mulai tersenyum dan menangis tanpa mau disebut gila.
Berhati-hatilah...
Kelak, hidup adalah ketika engkau menjalani hari-hari dengan optimisme. Melakukan hal-hal hebat, menikmati kebersamaan dengan orang-orang baru. Tergelak dan gembira, membuat semua berpikir hidupmu telah sempurna.
Sementara, pada jeda yang engkau buat bisu, sewaktu langit meriah oleh benda-benda yang berpijar, ketika sebuah lagu menyeretmu ke masa lalu, wajahnya memenuhi setiap sudutmu. Bahkan, langit membentuk auranya. Udara bergerak mendesaukan suaranya. Bulan melengkungkan senyumnya. Bersiaplah... Engkau akan mulai merengek kepada Tuhan. Meminta sesuatu yang mungkin telah haram bagimu.


Kututup buku tester itu, mengambil buku yang masih bersampul plastik dan tanpa pikir panjang aku berjalan menuju kasir.

****

Kinanthi Hope adalah seorang Profesor muda yang populer di New York, sering menjadi dosen tamu di berbagai universitas, jadi pembicara di acara-acara seminar dan bukunya yang menyoroti masalah perempuan menjadi best seller di Amerika. Kinanthi sukses, sampai media memberinya gelar Queen of New York.

Tapi tidak banyak yang tahu kalau Kinanthi seorang muslimah, berasal dari Selatan Jawa yang dijual bapaknya demi 50Kg beras, disiksa majikannya yang orang arab sampai cerita masa kecilnya yang selalu dia simpan di galaksi cintanya.

Hampir 20 tahun Kinanthi menyimpan ceritanya, hingga Kinanthi membutuhkan sebuah pelepasan untuk dirinya, terutama untuk teman masa kecilnya. Kinanthi menulis sebuah buku novel. Novel yang bagi pembacanya adalah fiksi, tapi bagi Kinanthi jelas sangat nyata, karena dia adalah pelaku utama novel itu.

Dibantu editornya yang sangat pengertian, seseorang yang hampir 4 tahun Kinanthi berpikir adalah orang Cina tapi ternyata adalah orang Tibet, Kinanthi memulai pelepasannya.
Ditengah penggarapan novelnya, Kinanthi tersadar, dia harus kembali ke tanah dia lahir. Untuk mengulang, untuk mengenang, untuk menunjukkan pada kampungnya bahwa dia hidup, terutama untuk teman masa kecilnya yang dia yakin masih menunggunya dan untuk sesuatu yang Kinanthi selalu tunggu selama hampir 20 tahun ini, sesuatu yang selalu dia lihat di galaksi cintanya.

Kinanthi begitu ingat, betapa semesta tidak rela mereka menyatu. Orangtua, kemiskinan, nasib buruk bahkan jalur takdir mencandai mereka selama hampir 20 tahun ini. Keteguhan hati Kinanthi membuatnya bertahan untuk melawan kehidupan yang tanpa harapan itu. Percaya ada seseorang yang selalu tersenyum dan mengulurkan tangan di atas nasib buruknya, teman masa kecilnya.

Dia pulang setelah hampir 20 tahun 'dibuang' dari kampungnya, menemukan sosok teman masa kecilnya yang biasa-biasa saja, memupus harapannya untuk sesuatu yang lebih besar. bertemu tanpa ada getaran-getaran yang dia harapkan di sepanjang 20 tahun mengisi ruang sepinya, dan otak Profesor Kinanthi maklum, dia berharap terlalu banyak.

Tapi Kinanthi lupa, teman masa kecilnya mengisi hampir 20 tahun untuk sesuatu yang membuatnya terharu sepanjang hidupnya. Menentang orangtuanya yang menginginkannya menjadi rois kampung, teman masa kecilnya mencari Kinanthi, menggelandang di Bandung dan Jakarta demi Kinanthi, demi sebuah janji di masa kecil mereka.

*****

Satu kata untuk buku ini, fantastic...!!!
Penulis meramu buku ini dengan sangat kaya, pemilihan kata-kata yang sangat enak untuk dibaca, lugu namun sangat berbobot.
Dari Gunung Kidul, Arab, Kuwait sampai gedung pencakar langit New York.
Kehidupan sosial masyarakat kampung, dunia penerbitan sampai rasi bintang dijelaskan dengan rinci.
Tembang Jawa, Kejawen sampai astronomi, nasib TKW di Arab, kehidupan Muslim di Amerika, menjadi kesatuan yang utuh di novel ini.

Jelas ini novel cinta, tapi ini buatku novel cinta yang sangat beda dari hanya sekedar dua manusia bertemu di tempat hang-out, berkenalan, dekat, lalu happy ending walaupun ada intrik keluarga atau pihak ketiga.
Ini tentang harapan, bagaimana mencintai itu adalah satu hal dan memiliki itu adalah hal lain.
Bagaimana memahami perasaan memikirkan seseorang bertahun-tahun dan mencoba melepasnya karena waktu berjalan terus.

Bahkan novel ini memberi pesan yang sangat besar tentang sang pencipta tanpa harus menggemborkan kata-kata atau dalil, aroma spritualnya sangat terasa, kata-kata yang penuh filosofi, penokohan yang sangat baik, alur cerita yang dramatis dan ending yang benar-benar diluar dugaan.

Ini buku yang pertama kubaca setelah memasuki tahun yang baru, dan akan kuulang lagi membacanya, mungkin 2 sampai 3 kali lagi atau mungkin sampai akhir tahun, sampai aku menemukan bacaan lain.
Memang buku ini terbit sudah lama, di awal 2009 tapi buatku tidak ada buku lama atau buku baru, yang ada buku bagus dan tidak.
Seperti minum kopi, menyeruputnya pelan-pelan hingga habis dan tidak bosan untuk mengulanginya lagi di hari yang lain.

Judul : Galaksi Kinanthi
Penulis : Tasaro GK
Cetakan I, Januari 2009
Penerbit : Salamadani, Bandung

Category: ,  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
12 Responses
  1. kayaknya keren ya nih buku....
    fufufufu...lama sudah tak maen2 ke gramed...

  2. bagus sepertinya buku ini....
    aki sk pada bagian:
    "Jika dia dekat, engkau akan merasa utuh dan terbelah ketika dia menjauh."

    Moga bsk bs beli ini novel, mksh ats resensi infonya :)

  3. bener, buku ini keren banget. saya suka. sepertinya Tasaro bikin buku ini setelah melalui riset yang panjang.
    eniwei, Tasaro itu sudah banyak karya bukunya. dia termasuk penulis muda yang berbakat.

  4. gravatar mc

    tumben aku melihat cowok membaca nopel cinta :D

    aku terllau familiar dg cowo penyuka fantasy dan trhiler

  5. wah jadi pengen beli bukunyaaaa

    udah lama gak baca2 juga....TFS

  6. dulu pernah baca sinopsisnya, tapi nggak beli.. sepertinya menarik neh.. hehe..
    thanks infonya.. :)

  7. dulu pernah dikasi tau tentang buku satu ini..jadi pengen punya...hehehe

    salam kenal ya...

  8. hmmm... boleh boleh rekomendasi bukunya. masukin ke list buku yang akan dibaca di tahun ini ah... hehe

    untuk sekarang aku masih mau konsen ke Negeri 5 Menara dulu plus Epigram-nya Jamal. coba deh jalan2 lagi ke gramed, sapa tau 2 buku yang aku baca itu bisa jadi rekomendasi juga untukmu. hehehe.

  9. betuuuulll!! yang bikin buku ini menarik adalah daftar isinyaa...tapi tetep, udah beli cuman belum dibaca...eniwei, buku2 tasaro menurutku selalu apik ^^

  10. wuahh...
    klo saya justru tertarik sm cara bang lili menceritakan, memaparkan dan menilai buku ini. KERENN!!!

    ahh.. aku ngefans sm bang Liliperry niiihhh...
    dijitak suami

  11. hmmm....tentang cinta..yang tak ubahnya permainan saham,semakin berani mengambil resiko semakin besar keuntungan yg mungkin bisa didapat *ngelantur*
    kayaknya bagus bukunya, budget on the month selain rahasia meede yg pgn dibeli jg.Thanks for review. Eh just sugestion klo mau ngirit lagi,beli bukunya by onlen aja, ada diskon 15% lumayan..heheh *perhitungan calon2 istri yg ngirit* hahah
    btw situ kan suka naik gunung yah..baca world without us-nya Alan Weisman deh..penggambaran dunia yg masih naturalnya bagus :D

  12. ak juga suka bgt sama buku ini....kepalaku sampe vertigo gara2 baca buku ini terusssss ga berhenti saking asyiknya. Btw, krn di covernya ada tulisan based on true story, berarti Kinanthi & Ajuj benar ada????????? Aku LEBIH SUKA mereka daripada Rose & Jack di film Titanic!

Leave a Reply

Related Posts with Thumbnails